Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjealasan Do'a Sebelum Tidur

Penjealasan do'a sebelum tidur - Aktifitas yang padat yang telah dijalani seharian penuh telah membuat seluruh tubuh kelelahan.

Oleh karena itulah tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setip orang tanpa kecuali.

Hak tubuh selain mendapatkan energi yang pas sesuai yang dibutuhkan juga memiliki hak untuk di istirahatkan dari berbagai kegiatan.

Tidur adalah saat tubuh mendapatkan istirahat yang dibutuhkannya.

Tapi tahukah kamu bahwa tidur pun bisa menjadi bagian dari ibadah?, ya tentu saja sangat bisa, karena selama manusia bisa menarik nafasnya, maka apapun yang dilakukannya harus menjadi ibadah demi keselamatan yang akan didapatkan diakhirat nanti.

Membiasakan membaca do'a sebelum tidur, akan memberikan pengaruh yang bisa memperkuat keyakinan dan memperkuat harapan untuk mendapatkan perlindungan dari Allah swt selama ia tertidur.

Dan yang paling utama yang paling diharapkan adalah jika ajal datang menjelang ketika tertidur maka ajal itu adalah ajal yang khusnul khotimah, karena tidurnya sedang dalam keadaan ibadah.

Doa sebelum tidur ini sebenarnya sangat sederhana dan sangat singkat, sehingga semua orang sangat bisa menghafalnya dalam waktu singkat.

Berikut adalah do'anya;

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

Bismikallahumma ahya wa amutu 

Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Pada saat tidur, sebenarnya manusia itu dalam keadaan mati, tetapi tidak mematikan otak, karena otak masih bisa tetap memerintah anggota tubuh lainnya untuk bekerja.

Seperti paru-paru dan jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh serta memperbaiki dan memperharui sel darah agar bisa kembali kepada keadaan normal setelah diperas untuk bekerja selama sehari penuh.

Selain do'a di atas, sebenarnya ada dzikir yang lain yang penting dibaca ketika ingin tidur, yaitu;

membaca surat al-fatihah, membaca surat al-ikhlas satu kali, membaca surat al-falak dan annas masing masing satu kali, membaca istighfar untuk diri sendiri dan semua kaum muslim, membaca sholawat kepada nabi, serta mambaca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil.

Selain itu juga biasakan untuk mendoakan kedua orang tua, anak serta orang-orang yang kita cintai dan kita kasihi.

Maksudnya kita menitipkan mereka yang berada dalam tanggung jawab kita kepada Allah swt.

Sehingga tubuh kita bisa fokus melakukan relaksasi keseluruh bagian anggota tubuh, tanpa harus sibuk dengan kegiatan lain. Wallhu a'lam bisshowab.

Posting Komentar untuk "Penjealasan Do'a Sebelum Tidur"