Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa yang dibaca ketika mendapatkan rezeki


Doa yang dibaca ketika mendapatkan rezeki - Setiap makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah swt, dibarengi dengan rezekinya.

Semuanya mendapat bagian dengan ukurannya masing-masing. Penting untuk dipahami oleh kaum muslimin, bahwa rezeki dengan milik itu merupakan hal yang berbeda.

Miliki belum tentu menjadi rezeki, tetapi setiap rezeki itu adalah milik.


Milik adalah sesuatu yang manfaatnya belum bisa dirasakan oleh diri, baik lahir maupun batin, sementara rezeki adalah miliki yang manfaatnya langsung dirasakan baik lahir maupun batin.

Seperti seseorang yang diberi hadiah makanan gratis, otomatis makanan itu menjadi miliknya, tetapi itu belum menjadi rezeki ababila makanan itu belum dimakan. Manfaat makanan adalah untuk dimakan.

Dari sini kita bisa memahami bahwa sebesar apapun rezeki yang diinginkan tetap saja akan menyesuaikan dengan ukuran dari kodrat kita sebagai makhluk yang memiliki batas dalam segala kapasitanya.

Oleh karena itulah, setiap orang yang beriman harus memahami arti dari rezeki yang sebenarnya.

Agar mampu mensyukuri setiap hal yang dimakan dan digunakan atau dipakai, karena sebatas itulah rezeki yang telah ditentukan.

Baca Juga :

Bagian dari amal perbuatan yang mencerminkan rasa syukur itu adalah membaca doa ketika mendapatkan rezeki, agar menjadi barokah untuk diri baik lahir maupun batin.

Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda: 

“Barangsiapa yang diberi rezeki oleh Allah berupa makanan, hendaklah membaca:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ

”Ya Allah! berilah kami berkah dengan makan itu dan berilah makanan yang lebih baik”.

Apabila diberi rezeki berupa minuman susu, hendaklah membaca:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَزِدْنَا مِنْهُ

“Ya Allah, berkahilah kami padanya dan tambahkanlah darinya” (HR. At-Tirmidzi 5/506, dan lihat Shahih Tirmidzi 3/158)

Doa yang dibaca diatas, adalah permohonan yang disampaikan kepada Allah swt, agar milik yang kemudian menjadi rezeki kita itu menjadi rezeki yang memberikan kemanfaatan dan keberkahan bagi diri serta menjadi sebab bertambanya kebaikan didalam diri kita.

Selain itu hal yang merupakan kemanfaatan semakin bertambah, baik ilmu dan lain sebagainya.

Yang paling terakahir yang selalu penulis ingatkan, bahwa isi dari tulisan ini hanyalah catatan sebagai referensi yang mudah-mudahan akan mengeingatkan banyak sahabat.

Namun, bila baru dari postingan ini Anda mendapatkan pengetahuan ini, maka sebelum mengamalkan temuilah guru dan minta penjelasannya serta jangan lupa untuk mendapatkan ijazah, agar do'a berefek berkah dan ijabah.

Wallhu a'lam bis showab.


Posting Komentar untuk "Doa yang dibaca ketika mendapatkan rezeki"