Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Doa Awal Tahun


Penjelasan doa awal tahun - Perputaran waktu yang terus berjalan ditandai dengan terus bergantinya tahun.

Sebagai muslim, harus menanamkan keyakinan yang dalam mengenai nimat yang sangat istimewa ini. Bahwa tidak ada kekuatan yang bisa mengalahkan kekuatan waktu, dia terus berjalan dan tidak akan pernah berhenti.

Inilah sebagian tanda dari kekuasaan Allah swt.

Setiap peristiwa yang terjadi, bagi umat muslim, itu merupakan petunjuk akan sesuatu yang tersembunyi dari kekuasaan Allah swt.

Oleh karena itulah umat muslim wajib memberikan sikap sesuai dengan peristiwa yang terjadi.

Bila baik maka hendak lah disikapi dengan rasa penuh syukur dan bila tidak baik maka sudah semestinya setiap muslim menyikapinya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.

Peristiwa bergantinya tahun adalah nimat yang penting disyukuri, karen pergantian tahun merupakan tanda bahwa jatah kehidupan untuk menghirup udara segar dunia ini masih diberikan Allah swt.

Banyak orang yang kini sudah terbaring tak berdaya, berteman kegelapan, menunggu hari pembalasan tanpa bisa melakukan apa-apa.

Oleh karena itulah umat muslim harus bersyukur ketika terjadi peristiwa pergantian tahun.

Ungkapan syukur itu sangat luas artinya, tetapi setidaknya dengan merendahkan diri dihadapan yang maha kuasa dengan melayangkan doa harapan untuk lebih baik lagi di satu tahun berikutnya itupun sudah merupakan bentuk syukur.

Berikut ini merupakan doa yang sebaiknya dibaca ketiaka ada pergantian tahun.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Menurut Mufti Jakarta abad 19 - 20 Habib Utsman bin Yahya dalam kitab Maslakul Akhyar menyebutkan bahwa doa awal bulan Muharram ini hendaknya dibaca tiga kali di hari pertama bulan muharam.

Tidak ada kejalasan yang mengikat mengenai kapan kah waktu yang tepat membacakan doa awal tahun ini.

Oleh karena itu, ada orang yang membaca doa ini selepas shalat maghrib malam pertama awal tahun, ada juga yang membacanya ketika selesai melaksanakan shalat shubuh.

Namun, yang paling utama dari doa awal tahun itu, umat muslim memiliki harapan untuk bisa memiliki kesempatan hidup didunia ini dengan waktu yang panjang dan mampu menggunak waktu itu dengan melakukan amal kebaikan yang bisa mendatang pahala untuk keselamatan di akhirat kelak. Wallhu a'lam bis showab.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Penjelasan Doa Awal Tahun"