Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Do'a Selepas Bangun Tidur

Penjelasan do'a selepas bangun tidur - Sebagai orang yang beriman kita harus wajib mensyukuri atas kenikmatan-kenikmatan yang Allah Swt karuniakan kepada kita, salah satunya bangun dari tidur,bangun dari tidur termasuk kenikmatan karena kita masih di beri nafas oleh Allah Swt.

Berikut ini adalah doa setelah bangun tidur semoga doa ini bisa kalian amalkan sehari-hari.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Dengan doa ini, seorang muslim mengawali nafas awalnya dengan memuji Allah swt. atas ni'mat kehidupan yang kembali di anugerahkan untuk mendulang amal kebaikan sebagai bekal untuk kehidupan abadi yang akan dijelang di akhirat nanti.

Betapa banyak dibelahan dunia sana, yang ternyata ketika dia terlelap dalam tidurnya ternyata tidak bisa kembali bangkit untuk menjalankan kehidupannya.

Pujian ini merupakan ungkapan syukur atas ni'mat umur sehingga nafas segar dikehidupan dunia yang indah ini masih bisa di rasakan.

Tidur adalah kematian sesaat, dimana manusia tidak bisa melihat hal-hal nyata dalam kehidupan.

Jiwanya hanya melayang-layang dibalik dinding matanya yang terpejam.

Bila tiada kehendak Allah yang maha kuasa untuk melakukan segala hal, mungkin jiwa yang melayang-layang dibalik mata yang terpejam itu tidak bisa kembali untuk bersemayam didalam jasadnya sendiri, dalam arti dia telah sampai pada kematian yang sesungguhnya.

Allah swt, maha kuasa atas segala hal. Sehingga Dialah yang berhak mematikan dan menghidupkan setiap makhluknya sesuai dengan kehendaknya.

Doa diatas mengingatkan setiap muslim, bahwa tidak ada sedikitpun dari dirinya yang bisa dibanggakan dihadapan Allah swt.

Sehingga satu-satunya sikap yang diambil untuk menjalani kehidupan di hari itu adalah sikap tawadlu serta menyerahkan segala urusannya kepada Allah swt saja.

Semangat menjalani kehidupan di hari itu, adalah semangat mencari keridlaan Allah semata.

dengan doa itu setiap muslim disadarkan bahwa, bagai manapun keadaan kehidupan setiap manusia toh akhirnya akan kembali kepada Allah swt. dan tiada yang abadi.

Segala amal perbuatan akan dipertanggungjawabkan dihadapanNya, sesuaikah dengan amanah kekhalifaaha atau malah sebaliknya.

Mulai dari bangun tidur, sebenarnya kita sudah diingatkan untuk terus berusaha mencari keridhaan Allah swt, dalam setiap amal perbuatan yang kita lakukan selam satu hari sampai menjelang malam dan kemudian kita kembali dalam kematian yang sesaat, atau kematian yang sesungguhnya.

Wallahu a'lam bis Showab.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Do'a Selepas Bangun Tidur"