Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Yang Di Baca Setelah Shalat Istikharah


Disini kita akan sedikit menjelaskan doa yang di baca setelah shalat istikharah. Namun sebelum itu, kita mesti mengetahui apa sii shalat istikharah itu? dan apa keutamaannya?

Kedua pertanyaan tersebut sangat penting kita ketahui jawabannya, agar ketika kita mengamalkan do'a yang akan disampaikan selanjutnya ini benar-benar memiliki ketulusan serta tujuan yang pasti selain intinya untuk mengabdi kepada Allah swt. secara khusu penuh ketulusan.

Pengertian Shalat Istikharah yaitu Shalat Sunah dua Raka’at yg dilakukan oleh seseorang muslim untuk memohon kpd Alloh Swt agar diberikan sebuah petunjuk untuk bisa memilih pilihan yang tepat diantara beberapa pilihan yang membingungkan atau waktu mau mengambil keputusan tentang suatu hal yang banyak alternatif pilihan.

Seperti dalam masalah menentukan pekerjaan yang akan di ambil, perjodohan dan lain sebagainya.

Sebenarnya manusia merupakan makhluk yang lemah serta benar-benar perlu pada pertolongan Allah dalam tiap-tiap masalah-Nya. Yang harus dipercaya kalau manusia tidak memahami perkara yang ghoib.

Manusia tidak memahami manakah yang baik serta jelek pada peristiwa pada waktu yang akan tiba. Oleh karenanya, diantara hikmah Allah Ta’ala pada hamba-Nya, Dia mensyariatkan do’a agar seseorang hamba bisa bertawasul pada Rabbnya untuk di hilangkan kesusahan serta diperolehnya kebaikan.

Seseorang muslim begitu percaya serta tak ada kesangsian sedikit juga kalau yang mengatur semua masalah yaitu Allah Ta’ala. Dialah yang menakdirkan serta memastikan semua perkara sesuai sama yang Dia kehendaki pada hamba-Nya.

“Dan Rabbmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia). Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka dan apa yang mereka nyatakan. Dan Dialah Allah, tidak ada Rabb (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nyalah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nyalah segala penentuan dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS. Al Qashash: 68-70)

Kekhasan dari shalat Istikharah 

Ke-1 : Hukum shalat istikhoroh merupakan bagian dari sunnah dan bukan merupakan sebuah keharusan. Dalil dari hal semacam ini yaitu sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam;

إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ
“Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu”

Ke-2 : Dari hadits diatas, shalat istikhoroh bisa dikerjakan sehabis shalat tahiyatul masjid, sesudah shalat rawatib, sesudah shalat tahajud, sesudah shalat Dhuha serta shalat yang lain.

Bahkan juga bila shalat istikhoroh dikerjakan dengan niat shalat sunnah rawatib atau shalat sunnah yang lain, lantas berdoa istikhoroh sesudah itu, itu juga dibolehkan.

Berarti disini, seseorang melaksanakan shalat rawatib disatukan dengan niat shalat istikhoroh karna Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ
“Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu.”

Ke-3 : Istikhoroh cuma dikerjakan untuk perkara-perkara yang mubah (hukum aslinya di perbolehkan), bukanlah pada perkara yang wajib dan sunnah, demikian juga bukanlah pada perkara makruh serta haram. Argumennya karna Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يُعَلِّمُ أَصْحَابَهُ الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كُلِّهَا

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengajari para sahabatnya shalat istikhoroh dalam setiap urusan.”

Ke-4 : Istikhoroh bisa dikerjakan berkali-kali bila kita menginginkan istikhoroh pada Allah dalam satu perkara. Karna istikhoroh merupakan do’a serta tentunya bisa berkali-kali. Ibnu Az Zubair mengulang istikhorohnya sampai 3x. Dalam shahih Muslim, Ibnu Az Zubair menyebutkan;

إِنِّى مُسْتَخِيرٌ رَبِّى ثَلاَثًا ثُمَّ عَازِمٌ عَلَى أَمْرِى
“Aku melakukan istikhoroh pada Rabbku sebanyak tiga kali, kemudian aku pun bertekad menjalankan urusanku tersebut

Berikut ini adalah doa yang di baca setelah shalat istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ هَذَا الأَمْرَ – ثُمَّ تُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ – خَيْرًا لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – قَالَ أَوْ فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – فَاقْدُرْهُ لِى ، وَيَسِّرْهُ لِى ، ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ، ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ

Ya Allah, sesungguhnya aku beristikhoroh pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak. Engkaulah yang mengetahui perkara yang ghoib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebut urusan tersebut) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, (atau baik bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, penghidupan, dan akhir urusanku (baik bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, takdirkanlah yang terbaik bagiku di mana pun itu sehingga aku pun ridho dengannya

Itulah doa yang dibaca setelah shalat istikharah bersama penjelasan singkat mengenai pengertian shalat istikharah dan beberapa hal yang merupakan kehasan dari shalat istikharah.

Semoga tulisan ini bisa membantu sahabat-sahabat muslim yang saat ini sedang mencari penjelasan mengenai doa shalat istikharah. Wallahu a'lam bis showab.

Posting Komentar untuk "Doa Yang Di Baca Setelah Shalat Istikharah"