Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Doa Ketika Mempertemukan Pasangan Pengantin


Penjelasan doa ketika mempertemukan mempelai pria dan wanita - Salah satu peristiwa yang memberikan dampak kebahagiaan bagi yang mengalami maupun yang menyaksikan ataupun yang mendengarkan adalah peristiwa bertemunya antara cucu Adam dengan cucu Hawa dalam ikatan perniakahan.

Peristiwa ini adalah impian paling diharapkan oleh para pemuda dan pemudi yang masih melajang, sebuah mimpi yang selalu diperjuangkan dengan penuh kesungguhan untuk diwujudkan.

Dalam tradisi sunda biasanya ketika calon mempelai pria datang, kebanyakan langsung disambut oleh calon mertua dengan membawa calon pengantin wanitanya.

Namun, yang lebih baik, calon mertuanya saja yang menyambut, lalu setelah akad dilangsungkan barulah mempertemukan keduanya.

Inilah yang seharusnya dilaksanakan dalam prosesi pernikahan.

Setelah 'akad dilangsungkan maka barulah mempertemukan keduanya dengan di iringi doa agar keduanya menjadi pasangan yang dipenuhi cinta kasih selama mereka mengarungi kebersamaan dalam bahtera kehidupan rumah tangganya.


Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya "doa seperti apa yang harus diucapkan ketiak mempertemukan pasangan mempelai ini?".

Tentu saja dengan doa yang telah diajarkan oleh para ulama dan kyai, bahkan bila memang tidak tahu sama sekali, pada zaman sekarang ini sudah sangat mudah untuk membawa pertanyaan soal agama kepada para ustadz dan para kyai setempat.

Kebetulan, posting ini pun di buat, terinspirasi oleh salah seorang sahabatku yang menanyakan hal yang serupa dengan pertanyaan diatas.

Maka dari itu, mudah-mudahan apa yang akan disampaikan ini akan memberikan manfaat bagi orang banyak, terutama kepada penulisnya. Amiin.

Berikut ini adalah apa yang disampaikan oleh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr mengenai doa yang sepatutnya diucapkan bagi pasangan pengantin yang baru saja dipertemukan.

بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنَّا فِي صَاحِبِهِ أَللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibihi. Allahumma innî as`aluka khairahâ wa khaira mâ jabaltahâ ‘alaihi wa a’ûdzu bika min syarrihâ wa min syarri ma jabaltahâ ‘alaihi

"(Semoga) Allah memberkahi masing-masing dari kita dalam pasangannya.

Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepadaMu atas kebaikannya dan kebaikan pasangannya, dan aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan pasangannya."

Dari doa diatas, kita bisa mengambil pelajaran bahwa; dalam mepertemukan pasangan pengantin, hendaklah mendoakan diri dan semua orang yang ada disekeliling kita agar benar-benar mendapatkan berkah dari Allah swt.

Dan secara khusus kita mendoakan dengan keberkahan, kebaikan serta perlindungan untuk keduanya dari segala godaan dan gangguan yang menyesatkan.

Sehingga pasangan yang dipertemukan ini benar-benar bisa menjalani perjalanan hidup berumah tangganya dengan penuh barokah dalam cinta dan kasih sayangnya.

wallohu a'lam bis showab.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Doa Ketika Mempertemukan Pasangan Pengantin"