Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Yang Dibaca Ketika Menjenguk Orang Sakit


Doa Yang Dibaca Ketika Menjenguk Orang Sakit penting diketahui dan diamalkan oleh setiap orang muslim. Banyak faidah dan manfaat bila seorang muslim mendoakan muslim lainnya yang sedang sakit. Bahkan kebaikan doanya itu kembali pula kepada sipendoa, disamping doa orang yang sedang sakit itu bagian dari doa yang mustajab.

Ketika orang yang sedang sakit dijenguk oleh karib kerabatnya atau teman-temannya, ini akan membuatnya merasa tentram. Karena kunjungan kepada orang sakit itu merupakan dukungan dan penyemangat agar dia bersabar serta memberikan harapan yang kuat pada kesembuhan dari penyakit yang dideritanya.

Terkadang obat paling baik itu tidak melulu yang berasal dari resep dokter, bisa jadi karena banyaknya keperdulian yang ditunjukan oleh banyak orang akan membuat batinnya tentram, dengan batin yang tentram bisa membuat dia lebih fokus sehingga dorongan dari ketenangan batinnya membuat dia berangsur sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit dan hal ini merupakan perbuatan yang disunnahkan, yaitu; janganlah telalu lama dalam penjengukan kecuali diminta oleh sisakit yang ingin lebih menentramkan dirinya dengan adanya teman bicara.

Berikut ini adalah doa yang diajarkan oleh Rosulullah SAW ketika menjenguk orang yang sedang dalam keadaan sakit.

مَنْ عَادَ مَرِيْضًا لَمْ يَحْضُرْ أَجَلُهُ ، فَقَالَ : أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيْكَ ، سَبْعَ مَرَّاتٍ عَافَاهُ اللهُ مِنْ ذالِكَ الْمَرَضِ / رواه أبو داود و الترمذي

"Barang siapa menjenguk orang sakit yang tidak dalam keadaan sekarat, kemudian dia mengucapkan : 'aku meminta kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan 'Arasy yang agung agar Dia menyembuhkanmu' sebanyak 7 kali, maka Allah akan mengembalikan kesehatan dari orang sakit itu" HR. Abu Dawud dan Turmudzi

Selain mendoakan sebaiknya memberikan obrolan yang bisa menentramkan sisakit, bila ada yang harus disampaikan dari suatu informasi maka sebaiknya pilah lah informasi itu, apakah akan membuatnya tentram? bila tidak, maka sebaiknya jangan dulu disampaikan.

Itulah postingan sederhana mengenai artikel yang dibaca ketika menjenguk orang yang sedang sakit. Semoga tulisan ini semakin menambah wawasan kita dalah hal keperdulian sosial kita dengan sesama muslim.

Semoga kita semua selalu dijauhkan dari musibah penyakit yang kita tidak mampu menahan beban permasalahannya. Amin

Posting Komentar untuk "Doa Yang Dibaca Ketika Menjenguk Orang Sakit"