Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Faedah Dari Keutamaan Shalat Tahajud Bagi Kehidupan Kita


10 Faedah Dari Keutamaan Shalat Tahajud Bagi Kehidupan Kita - MUSLIM manakah yang tidak mau mendapatkan martabat sebagai muslim sejati di sisi Allah SWT?

Tentunya semua orang muslim ingin memperlihatkan amal sholehnya dengan segala ketakwaan di depan pencipta-Nya kelak. Hal seperti ini juga mungkin menjadi sesuatu yang akan tetap ada didalam pikiran orang-orang muslim di seluruh dunia. Hingga seringkali mereka senantiasa mengerjakan kewajiban dan amaliah sunnah semaksimal mungkin.

Sangat banyak sunnah yang telah di ajarkan oleh Nabi Muhammad untuk membimbing kehidupan umat muslim di muka bumi ini.

Diantara amalan sunna yang diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW adalah sholat tahajud yang banyak dilaksanakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Sholat tahajud sendiri merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari sehabis bangun dari tidur.

Beribadah seperti ini merupakan bagian dari sunnah mu’akad, yakni sunnah yang dikuatkan dengan syara’. banyak orang-orang yang sering mengerjakannya di saat terbangun ditengah malam.

Waktu yang sangat mustajab untuk melakukan shalat tahajud sendiri ialah pada saat 1/3 malam. Di mana beberapa malaikat turun ke bumi serta Allah akan mengabulkan tiap-tiap doa yang dilantunkan oleh hamba-Nya. Kita tidak cuma mendapatkan imbalan pahala dari Allah, akan tetapi serentetan kemanfaatan bagi kesehatan badan serta jiwa kita.

Beberapa orang menyampaikan jika sholat tahajud dipercaya memberikan ketenangan serta kedamaian jiwa. Seorang yang sudah terlatih bangun untuk melaksanakan sholat ditengah malam pastilah dapat mengatur emosinya.

Faedah Sholat Tahajud 

Banyak sekali faedah dari shalat tahajud yang disampaikan oleh para ulama dan orang-orang yang sholeh. Berikut ini adalah sebagiannya yang penting kita ketahui untuk memotivasi kita agar bisa lebih semangat untuk bisa melaksanakan ibadah shalat tahajud ini.

1. Penghapus dosa serta menahan seseorang dari melakukan perbuatan dosa 

Seperti yang dikatakan diatas, sholat tahajud ialah beribadah yang tetap dikerjakan oleh orang-orang yang shaleh. Beribadah dengan sholat tahajud ini untuk mendekatkan diri seseorang pada pencipta-Nya, Allah SWT.

Dapat dikatakan sholat tahajud bisa menjadi media penghapus dosa yang telah dilakukan oleh setiap orang. Mereka juga tentunya menguatkan iman serta menjauhkan diri dari perbuatan dosa besar ataupun kecil. Rasulullah SAW sempat bersabda jika sholat malam ialah beribadah yang seringkali dikerjakan oleh orang-orang shaleh.

Dengan shalat tahajud seseorang akan bisa menjaga dirinya dari perbuatan dosa serta bisa mengharapkan pahala kebaikan dari Allah swt dengan cara yang santun di hadapan penciptaNya.

2. Cahaya takwanya akan tampak di wajahnya 

Orang yang senantiasa mengerjakan sholat tahajud akan tampak cemerlang paras mukanya. Itu adalah salah satu tanda bahwa seorang itu sebagai pribadi yang bertakwa kepada Allah SWT. Tanda ketakwaan itu selamanya terlihat oleh orang-orang yang berada di sekitar mereka. Hal itu bisa menjadi sebuah cambuk untuk pemecut semangat untuk kaum muslimin yang lainnya agar memiliki kemauan untuk melakukan shalat tahajud.

Shalat tahajud akan selalu menjaga keteguhan iman seseorang kepada Allah swt. disetiap langkah kehidupannya.

3. Memperlancar saluran darah di tubuh 

Sholat tahajud umumnya dikerjakan pada jam 03.00 pagi. Tiap-tiap muslim biasanya terbangun pada pukul itu untuk kerjakan sholat tahajud serta melaksanakan ibadah pada Allah. Beribadah ini kenyataannya tidak sekedar hanya share keluh kesah, akan tetapi memberi hawa segara buat semua organ badan.

Saat itu, hawa di atmosfer masih tetap begitu fresh serta dihirup oleh paru-paru. Badan kita juga menggerak-gerakkan semua otot yang membuat tubuh fresh saat itu juga serta semua saluran darah berasa lancar.

Oksigen fresh akan menghilang saat matahari keluar serta kembali saat pagi selanjutnya. Cuma beberapa orang yang terbangun untuk melakukan sholat tahajudlah yang dapat merasakan.

4. Membesarkan rongga paru-paru 

Faedah gerakan shalat kenyataannya memberi dampak positif buat kesehatan manusia. Pergerakan takbiratul ihram yang dibarengi dengan bersedekap sebetulnya bisa membuka rongga paru-paru lebih lebar. Hal itu didapati dapat membuat lancar saluran udara menuju paru-paru.

Seringkali kita rasakan paru-paru tambah lebih lega dibanding awal mulanya. Hal seperti ini tidak dapat disangkal menjadi salah satunya olah napas yang begitu baik tidak hanya olahraga.

5. Agunan masuk surga 

Rasulullah sempat menyampaikan jika siapa saja yang melakukan shalat tahajud, jadi agunan surga baginya. Hal seperti ini sempat juga diriwayatkan dalam sebuah hadits, sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah waktu orang pada terlelap, karena itu masuklah surga dengan selamat, “ (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

6. Pikiran bertambah lebih segar 

Bangun tidur tentunya Anda mempunyai pemikiran yang tambah lebih jernih. Pikirkan saja, dalam 1 hari jantung manusia bekerja 100.000 kali serta bernapas sekitar 20.000 kali. Tiap-tiap organ itu membutuhkan waktu istirahat yang cukuplah.

Kenyataannya tidur ialah istirahat yang begitu baik buat badan. Dengan berikut, semua organ badan akan beristirahat dari tiap-tiap pekerjaan beratnya. Tidur menolong badan memulihkan sel yang sudah sempat terganggu, meningkatkan kemampuan serta otak juga kembali bekerja dengan baik.

Argumen tersebutlah yang jadikan shalat tahajud dikerjakan sesudah bangun dari tidur. Pikiran yang tambah lebih fresh serta fresh membuat pergerakan shalat kita juga khusyu’ memaknai ayat-ayat Al-Qur’an.

7. Mendapatkan kemudahan saat dinasab di akhirat 

Keutamaan yang lain dari shalat tahajud ialah kemudahan pada hari akhir kelak. Tiap-tiap orang tentunya memiliki catatan dosa serta pahala yang akan di terima di akhirat. Jika catatan amalnya semakin banyak, pasti surga tempatnya.

Akan tetapi jika demikian sebaliknya, tentunya neraka ialah tempat yang pas. Buat umat muslim yang patuh, shalat tahajud dapat jadi media untuk memperoleh kemudahan saat dinasab di akhirat. Allah akan memberi keutamaan ini pada mereka yang meminta ampun serta berdoa di sepertiga malam.

8. Mendapatkan cinta Allah 

Nabi Muhammad SAW sempat bersabda, jika orang yang tetap melakukan shalat tahajud akan mendapatkan cinta dari Allah SWT. Seperti Beliau bersabda pada Abu Darda’ r.a. mengenai keutamaan shalat tahajud ini. Mereka yang pilih bangun di dalam malam serta tinggalkan kenyamanan tidur, pasti akan mendapatkan cinta dari Allah SWT.

Golongan mukmin itu akan memutus tinggalkan syahwat mereka serta bersujud di depan sajadah. Semua pengampunan doa dikasihkan Allah pada beberapa orang itu. Tentunya cinta Allah pada beberapa orang shaleh tidak berputus sampai hari akhir serta perhitungan kelak.

9. Tingkatkan skema kebal tubuh 

Dengan bio-teknologi, penemuan baru mengatakan jika shalat tahajud dapat tingkatkan ketahanan badan seorang. Selain itu, buat beberapa pasien kanker akan rasakan faedah yang lain, yakni menghilangkan perasaan ngilu yang sering menempa.

Pada bagian ini juga disebutkan jika shalat tahajud tingkatkan tanggapan positif yang begitu efisien dalam anastesi pra bedah. Argumen berikut yang jadikan kenapa shalat tahajud begitu baik dikerjakan oleh pasien penyakit berat sekalinya. Anda akan rasakan sangat banyak faedah dalam pergerakan shalat malam itu.

10. Shalat yang sangat afdhal sesudah 5 waktu 

Keharusan tiap-tiap muslim serta muslimin di semua dunia ialah kerjakan shalat 5 waktu. Allah SWT suka pada umat-Nya yang tetap mengingat-Nya baik dalam kondisi suka ataupun susah. Tidak ada tempat share atau mengadu yang lebih baik tidak hanya pada Allah SWT.

Shalat tahajud jadi salah satunya beribadah yang sangat afdol sesudah shalat 5 waktu. Shalat larut malam memberikan peluang pada Anda untuk melaksanakan ibadah lebih khusyu’. Waktu itu sangat pas untuk berkeluh kesah serta meminta ampunan dari Sang Pencipta.

Posting Komentar untuk "10 Faedah Dari Keutamaan Shalat Tahajud Bagi Kehidupan Kita"