Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Yang Dibaca Sebelum Dan Sesudah Belajar


Doa Yang Dibaca Sebelum Dan Sesudah Belajar - Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang tidak didapat begitu saja oleh manusia. Ilmu pengetahuan lahir dari usaha setiap orang setelah menggunakan seluruh daya dan kemampuan pikir untuk menemukan sesuatu pemahaman.

Apapun bentuknya ilmu pengetahuan itu sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai bekal untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Baik menyangkut kesejahteraan, etika dan lain sebagainya.

Manusia akan mampu meningkatkan kapasitasnya dan menaikan derajatnya disisi manusia lain selama hidup didunia ini bila dia memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Kendati hanya menguasai 1 atau 2 bidang keilmuan, namun berdampak manfaat yang besar untuk banyak orang.

Tidak semua ilmu pengetahuan memberikan efek barokah untuk pemilikinya, karena kebarokahan datangnya dari sisi Alloh Subhanahu Wataala. Oleh karena itulah seseorang yang mengejar ilmu pengetahuan hendaklah selalu menyadari bahwa pengetahuan itu bersumber dari Allah swt, sehingga wajib baginya untuk selalu berlindung dan memohon keberkahan itu kepada Allah swt.

Khususnya bagi kaum muslimin, mecari ilmu pengetahuan ini merupakan kewajiban yang langsung diintruksikan oleh Rosulullah Sholallahu 'Alaihi Wasallama. seperti yang termuat dalam sebuah hadits yang berbunyi;

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya:

"Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan." (H.R. Al-Baihaqi)

Ilmu pengetahuan itu memiliki peranan penting dalam kehidupan umat manusia dimuka bumi ini. Sebagai makhluk yang paling mulia manusia dituntut untuk menjaga keseimbangan kehidupan di dunia ini. Untuk itulah manusia dibekali dengan akal sebagai alat yang manusia bisa mengolah pikirnya untuk melahirkan berbagai tindakan yang bermanfaat untuk kehidupan di alam ini.

Dengan kemampuan pikir inilah manusia akan bisa menggali berbagai potensi yang ada dialam sekaligus memanfaatkannya untuk bekal kehidupan seluruh umat manusia. Khoirunnas Anfauhum linna, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Untuk menjadi manusia yang paling bermanfaat, maka ilmu pengetahuan menjadi hal paling penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Karena ilmu pengetahuanlah yang bisa memberikan pemahaman mengenai segala hal yang terbaik untuk dilakukan oleh setiap orang.

Agar seseorang mendapat ilmu pengetahuan yang banyak, maka dia harus mau belajar. Belajar dengan sungguh-sunggu penuh ketekunan dan mau fokus dalam proses pengkajiannya.

Untuk belajar guna mendapatkan ilmu pengetahuan yang dimaksud, harus berhadapan dengan berbagai tantangan serta bergai kesulitan yang bisa mengganggu prosesnya. oleh karena itulah fokus adalah kunci agar seseorang yang belajar bisa sampai kepada pengetahuan yang diinginkan.

Nah, bagi kamu yang saat ini lagi semangat-semangatnya belajar, ada hal yang tidak boleh kamu lewatkan selama kamu melakukan pencarian akan suatu ilmu. Yaitu melibatkan Allah swt baik sebelum atau sesudah selesai belajarnya, dengan cara memohon kepadaNya agar kita diberi kemudahan dalam proses belajar kita dan bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan membawa kebarokahan bagi hidup kita.

Berikut ini adalah doa untuk memulai dan setelah selesai belajar yang penting kamu pahami dan kamu amalkan ketika kamu belajar.

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh"

"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."

Kemudian setelah kita selesai belajar, akhiri dengan doa dibwah ini. Tujuannya adalah agar pengetahuan yang telah kita dapatkan tidak mudah hilang dari pikiran kita dan paling utamanya adalah kita memiliki kemampuan untuk mengamalkannya dalam kehidupan kita. Sehingga kita menjadi manusia yang banyak memberikan manfaat bagi orang-orang disekeliling kita.

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

"Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya"

"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Jadi salah satu cara agar kita dimudahkan mendapatkan ilmu pengetahuan dan bisa menjadikannya sebagai pengetahuan yang membawa manfaat dan kebarokahan adalah dengan mendawamkan dua doa permohonan diatas.

Posting Komentar untuk "Doa Yang Dibaca Sebelum Dan Sesudah Belajar"