Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Yang Dibaca Pada Saat Turun Hujan


Doa Yang Dibaca Pada Saat Turun Hujan | Hujan merupakan salah satu nikmat yang dianugerahkan Allah swt kepada semua umat manusia. Dengan hujan umat manusia bisa memaksimalkan segenap potensi alam dan digunakan sebaik-baikanya untuk menunjang kehidupan manusia di permukaan bumi ini.

Hujan yang turun dari langin merupakan proses sunnatullah yang apabila dicermati menjadi pesan istimewa untuk umat manusia. Bahwa dia akan turun disaat yang tepat dan dengan cara yang tepat pula. Oleh karena itulah hujan memiliki musim dan waktu yang jelas kapan dia akan turun ke muka bumi ini.

Karena ini merupakan sebagian dari nikmat yang diberikan Allah swt kepada manusia, maka sudah sepantasnya kita sebagai manusia bersyukur atas nikmatNya itu. Salah satu cara mengungkapkan rasa syukur itu adalah dengan berdoa kepada Allah pada saat hujan diturunkan.

Berikut ini adalah do'a - do'a yang sebaiknya dibaca pada saat hujan turun!

1. Doa ketika Turun Hujan

Pada saat hujan mulai turun, maka alangkah baiknya kita segera membaca doa berikut ini!

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucap 'Allahumma shoyyiban nafi'an'." Bukhari nomor 1032

Dalam do'a tersebut kita memohon kepada Allah untuk menurunkan kebaikan melalui hujan sembari membawa sebab-sebab manfaat yang akan diterima oleh kita. Bagaimanapun kita tidak boleh lepas dari harapan bahwa Allah akan selalu memberikan hikmah dan kemanfaatan dari setiap hal yang telah Dia turunkan mengiringi kehirupan kita didunia ini.

2. Doa Pada Saat Hujan Lebat

Benar sekali, bahwa hujan merupakan hal yang sangat dinanti oleh umat manusia dimuka bumi ini, terutama setelah melewati musim kemarau. Kendati sadar bahwa musim kemarau itu ada waktunya, namun kadang dengan kemarau yang terasa lama dan kita selalu mengharapkan agar hujan segera turun.

Ketika hujan turun kita berdoa dengan doa diatas, sebagai bagian dari bentuk rasa syukur yang kita tunjukan, setelah harapan akan datangnya hujan dikabul oleh Allah swt. Namun, tidak pula dipungkiri ketika hujan turun dan semakin lebat, kita kadang dihantui dengan ketakutan, karena bila hujan terlalu lebat bisa berakibat terjadinya musibah yang tida diinginkan.

Oleh karena itu, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam ketika hujan menjadi lebih lebat juga berdoa pada Allah SWT. Berikut ini adalah do'a beliau ketika turun hujan lebat.!

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

"Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan". Hadist Riwayat Bukhari nomor 1014

Inilah sebai-baik ajaran yang diajarkan oleh kang jeng Nabi SAW kepada kita sebagai umatnya. Bahwa selain berbahagia dalam harapan, kita tidak boleh lupa bahwa harus waspada pada setiap hal yang mungkin saja akan menjadi musibah yang menerpa kita. Teramsuk pada saat hujan diturunkan oleh Allah swt.

3. Doa Yang Dibaca Pada Saat Hujan Reda

Selain mengajarkan do'a diatas, Nabi Muhammad saw juga mengajarkan bahwa ketika hujan mulai mereda, sebaiknya kita membaca do'a seperti yang disabdakannya berikut ini!

أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

"Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhillahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dia lah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan, yang mengatakan 'Muthirna binnau kadza wa kadza' (kami diberi hujan karena sebab binatang ini dan ini), maka dia lah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang."  hadist riwayat Bukhari nomor 846 dan Muslim nomor 71

 Do'a yang terakhir ini memberikan pelajaran kepada kita, bahwasannya sebagai muslim harus meyakini bahwa hujan yang telah dirurunkan ini adalah berkat dari karunia dan rahmat Allah yang diturunkan untuk semua makhluknya yang ada dipermukaan bumi ini.

Semoga dengan banyak mengetahui doa-doa yang diajarkan oleh Nabi SAW, membuat keimanan kita semakin tumbuh dan semakin kuat. Sehingga menjadi sebab kita terus berkembang menjadi manusia yang berani menemukan potensi didalam diri dan memaksimalkannya untuk kemanfaatan hidup, tidak hanya untuk diri sendiri melainkan untuk alam ini.

Amiin

2 komentar untuk "Doa Yang Dibaca Pada Saat Turun Hujan"