Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Do'a Yang Dibaca Ketika Turun Hujan Yang Berpotensi Banjir


Intensitas hujan memasuki 10 hari terakhir dibulan Januari kali ini terasa semakin tinggi.

Akibat tingginya curah hujan telah menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor dibanyak tempat.

Seperti diberitakan diberbagai media berita mengenai banjir dan tanah longsor yang melanda Jakarta dan Banten pada awal Januari ini.

Hal itu tentu telah memberikan warning kepada kita sekaligus membuat kita sedikitnya merasa khawatir ketika hujan turun dengan intensitas yang cukup tinggi.

Dalam keadaan seperti ini, kita perlu meningkatkan kewaspadaan agar bisa meminimalisir dampak resiko yang harus dihadapi.

Selain itu, kita penting melakukan ikhtiar secara dlohir, dengan membersihkan lingkungan terutama yang berkaitan dengan saluran air dilingkungan tempat tinggal kita.

Kemudian dari sisi normatif, Umat Islam ketika menghadapi curah hujan seperti ini dianjurkan berdo'a dengan lafal do'a sebagai berikut;

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari. 

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Penjelasan Do'a

Do'a ini pernah dibaca oleh Baginda Rosulullah diwaktu melaksanakan khutbah jumat.

Saat itu telah berlangsung hujan deras selama enam hari dan mengakibatkan banyak masyarakat yang kehilangan harta benda akibat hujan yang turun terus menerus itu.

Semoga kita semua selalu dijauhkan dari berbagai musibah yang tidak mampu kita menghadapinya. Selain itu kita juga selalu diberikan kekuatan untuk menghadapi berbagai musibah yang harus kita hadapi.

Terakhir, penulis ingatkan kembali, isi dari postingan ini hanya untuk memudahkan sahabat dalam mendapatkan referensi.

Namun, terkait do'a ini sebaiknya minta dulu penjelasan dari kyai setempat dan minta ijazahnya agar doa kita semakin berkah dan berpotensi ijabah.

Wallahu a'lam bish showab.

Posting Komentar untuk "Do'a Yang Dibaca Ketika Turun Hujan Yang Berpotensi Banjir"